Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Fungsi Hardisk

Hardisk



Hallo sahabat yogian creative,,,

Sebagai pengguna komputer sudah sepantasnya kita mengatahui sbuah komponen yang bernama hardisk. Namun tidak sedikit orang yang tidak mengetahui hardisk meskipun ia sering menggunakan komputer. 

untuk lebih jelasnya yuk langsung saja ke pembahasannya.

 Pengertian Hardisk

Cakram keras atau piringan keras adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Diska keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956.

Dapat dikatakan juga sebagai komponen perangkat keras yang menyimpan semua konten digital. Dokumen, foto, musik, video, program, preferensi aplikasi, dan sistem operasi mewakili konten digital yang tersimpan di hard disk. Hard disk dapat berupa eksternal atau internal.

Hard Disk Drive (HDD) atau biasa kita sebut hardisk menyediakan ruang khusus untuk menyimpan dan membaca data. Perangkat ini bersifat non-volatile memory yang berarti data yang kita simpan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

Semuanya yang dapat disimpan di hard disk diukur berdasarkan ukuran file. Dokumen (teks) biasanya berukuran sangat kecil, sedangkan foto berukuran besar, musik berukuran lebih besar, dan video berukuran terbesar. Hard disk akan menentukan ukuran file digital dalam satuan megabyte (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB).

Fungsi Hardisk




Hardisk memang dikenal sebagai alat penyimpanan data akan tetapi ada beberapa fungsi lain dari hradisk, diantaranya ::

1. Menyimpan File Dalam Bermacam Format

Fungsi utama sebuah harddisk adalah untuk menyimpan file milik pengguna atau user. Peran vital tersebut dibarengi dengan kemampuannya menampung file dalam bermacam format atau jenis.

Umumnya, para pengguna akan menyimpan file berbasis doc, mkv, mp3, dan dokumen-dokumen virtual lainnya. Karena pentingnya fungsi penyimpanan ini, HD seolah menjadi nyawa para pengguna komputer.

2. Sebagai Space Menyimpan Data

Hampir semua orang paham dengan fungsi umum dari hardisk ini, yaitu untuk menyimpan database. Apa itu basis data? Ini merupakan elemen utama dalam sistem komputer.

Database disimpan pada HD di komputer dan menjadi pusat akses data bagi user atau client lain. Ini menjadi alasan kenapa basis data disimpan hanya di hardisk sebuah komputer yang menjadi server.

3. Menyimpan Data Bagi Aplikasi dan Software

Para pengguna komputer sering menambahkan atau menginstal software dan aplikasi pendukung. Nah, HD juga berfungsi sebagai media penyimpanan file atau data yang berasal dari aplikasi-aplikasi tadi.

Perlu Anda perhatikan, sebuah hardisk harus memiliki kapasitas cukup besar untuk menampung perangkat lunak dan aplikasi yang berat. Kuantitas dari aplikasi yang terpasang juga akan berpengaruh.

4. Sarana Back-up

Beberapa orang memanfaatkan HD sebagai media bantuan penyimpanan file-file penting. Artinya, Anda dapat menduplikasi dokumen dan data penting Anda serta menyimpannya pada banyak tempat termasuk HD.

Ini dilakukan untuk mencegah kehilangan file penting, terutama bagi mereka yang bekerja menggunakan komputer.

5. Menyimpan Data dari Operasi Sistem

Sebuah operasi sistem seperti Windows atau lainnya membutuhkan space cukup besar untuk meletakkan file dan data setelah terpasang. Tanpa sebuah hardisk, maka OS takkan berjalan normal di komputer.

Demikianlah penjelasan mengenai hardisk yang bisa yogiancretive bagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua.
 
Terimakasih
Yogian Creative Seorang yang ingin berbagi pengetahuan lewat artikel pada website

Post a Comment for "Pengertian dan Fungsi Hardisk"